Rekayasa Perangkat Lunak

 

Membekali Peserta Didik mencakup empat aspek kompetensi, yaitu

  1. aspek kompetensi sikap spiritual,
  2. sikap sosial,
  3. pengetahuan, dan
  4. keterampilan.

Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Struktur Kurikulum jurusan RPL masa pendidikan selama 3 tahun

RUANG LINGKUP RPL

Jenis KKNI ini merupakan kualifikasi kompetensi lulusan SMK. Kualifikasi ini merefleksikan peran individu dalam melaksanakan satu tugas spesifik, dengan menggunakan alat, dan informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan, serta menunjukkan kinerja dengan mutu yang terukur, di bawah pengawasan langsung atasannya. Memiliki pengetahuan operasional dasar dan pengetahuan faktual bidang kerja yang spesifik, sehingga mampu memilih penyelesaian yang tersedia terhadap masalah yang lazim timbul.

KKNI ini merupakan jalur untuk bekerja pada kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, dalam melaksanakan pekerjaan, bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab membimbing orang lain.

  • Pencapaian Kompetensi

Skema KKNI Level II pada kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak dapat dicapai melalui pendekatan klaster dan harus dicapai dalam 3 (tiga) tahun. Klaster yang digunakan adalah sebagai berikut :

  • Pemrograman Dasar
No Kode Unit Kompetensi Judul Unit
KOMPETENSI UMUM DAN INTI
1 LOG.OO01.002.01 Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja
2 LOG.OO01.004.01 Merencanakan tugas rutin
3 TIK.OP01.002.01 Mengidentifikasi aspek kode etik dan HAKI dibidang TIK
KOMPETENSI PILIHAN/FUNGSIONAL
4 J.620100.004.02 Menggunakan Struktur Data
5 J.620100.005.02 Mengimplementasikan User Interface
6 J.620100.011.01 Melakukan Instalasi Software Tools Pemrograman
7 J.620100.012.01 Melakukan Pengaturan Software Tools

Pemrograman

8 J.620100.017.01 Mengimplementasikan Pemrograman

Terstruktur

9 J.620100.022.02 Mengimplementasikan Algoritma Pemrograman
10 J.620100.025.02 Melakukan Debugging

 

  • Pemrograman Web
No Kode Unit Kompetensi Judul Unit
KOMPETENSI UMUM DAN INTI
1 LOG.OO01.001.01 Melakukan Komunikasi Kerja timbal balik
2 LOG.OO01.002.01 Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja
3 LOG.OO01.004.01 Merencanakan tugas rutin
4 LOG.OO02.003.01 Melakukan Pekerjaan Yang Membutuhkan Kerjasama Tim
5 TIK.OP01.002.01 Mengidentifikasi aspek kode etik dan HAKI dibidang TIK
KOMPETENSI PILIHAN/FUNGSIONAL
6 J.620100.004.02 Menggunakan Struktur Data
7 J.620100.005.02 Mengimplementasikan User Interface
8 J.620100.007.01 Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan Antar Entitas
9 J.620100.009.01 Menggunakan Spesifikasi Program
10 J.620100.012.01 Melakukan Pengaturan Software Tools Pemrograman
11 J.620100.017.01 Mengimplementasikan Pemrograman  Terstruktur
12 J.620100.020.02 Menggunakan SQL

 

  • Pemrograman Berorientasi Objek
No Kode Unit Kompetensi Judul Unit
KOMPETENSI UMUM DAN INTI
1 LOG.OO01.002.01 Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja
2 LOG.OO02.001.01 Menerapkan Sistem Mutu
3 TIK.OP01.002.01 Mengidentifikasi aspek kode etik dan HAKI dibidang TIK
KOMPETENSI PILIHAN/FUNGSIONAL
4 J.620100.005.02 Mengimplementasikan User Interface
5 J.620100.010.01 Menerapkan Perintah Eksekusi Bahasa

Pemrograman Berbasis Teks, Grafik, dan

Multimedia

6 J.620100.012.01 Melakukan Pengaturan Software Tools Pemrograman
7 J.620100.018.02 Mengimplementasikan Pemrograman Berorientasi Objek
8 J.620100.020.02 Menggunakan SQL
9 J.620100.023.02 Membuat Dokumen Kode Program
10 J.620100.030.02 Menerapkan Pemrograman Multimedia
11 J.620100.033.02 Melaksanakan Pengujian Unit Program
12 J.620100.042.01 Melaksanakan Konfigurasi Perangkat Lunak Sesuai Environment Development, Staging,Production)
13 J.620100.046.01 Melakukan Logging Aplikasi