FASILITASI DAN PENDAMPINGAN SEKOLAH SIAGA KEPENDUDUKAN DAN PEMBANGUNAN KELUARGA DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN PAMEKASAN

SMKN 3 Pamekasan menjadi pilot project dari DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN PAMEKASAN yaitu Fasilitasi Pendampingan Sekolah Siaga Kependudukan  dan Pembangunan Keluarga.Bentuk fasilitasi dan pendampingannya yakni penerapan pengintegrasian beberapa mapel diantaranya Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, PPKN, BK sebagai pengayaan materi pembelajaran dimana didalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik sebagai upaya pembentukan generasi berencana.Pentingnya project ini adalah agar guru dan peserta didik memahami isu kependudukan dan guru mampu mengintegrasikan isu kependudukan kedalam pembelajaran sesuai kurikulum 2013.

Latar belakang pembentukan SSK ini tidak lepas dari upaya Pemerintah dalam menyikapi akan datangnya era bonus demografi Indonesia pada tahun 2020 hingga 2035 mendatang. Pada era tersebut jumlah penduduk usia produktif ( usia 15 ke 64 tahun ) proporsinya lebih 50 % dibandingkan kelompok usia non produktif ( 0-14 dan > 65 tahun ) pada era ini harus disiapkan generasi yang berkualitas agar tenaga kerja yang melimpah pada saat ini mampu membawa solusi bukan menjadi bencana.

Dengan digulirkannya program SSK diharapkan dapat meningkatkan kualitas peserta didik pada bidang kependudukan dan siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Taufik Hidayat S.Pd. Waka Kurikulum SMKN 3 Pamekasan dalam sambutannya mewakili Kepala Sekolah merespon baik adanya fasilitasi dan pendampingan ini. Hal ini akan segera ditindak lanjuti dengan memerintahkan pada guru guru yang bersangkutan untuk mengintegrasikan pada RPP yang berkaitan dengan SSK pada saat pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *