SMKN 3 Pamekasan Siapkan Calon Enterpreneur Generasi Z yang kreatif, Inovatif dan Mandiri

Jiwa enterprenuer sangat penting untuk ditumbuhkan pada setiap pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Selama ini pendidikan di SMK hanya identik dengan pembentukan hard skill. Sehingga ada kesan bahwa lulusan SMK hanya bisa mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia industri. Padahal ketika kita melihat kenyataan, jumlah pekerjaan yang tersedia didunia industri tidaklah sebanding dengan jumlah lulusan SMK. Akhirnya muncullah yang namanya pengangguran baru.

Kenyataan inilah yang kemudian menginspirasi SMKN 3 Pamekasan untuk terus mengasah kemampuan Soft skill dari peserta didiknya melalui kegiatan talk show dengan tema: “Menumbuhkan Jiwa Enterprenuer Generasi Z Yang Kreatif, Inovatif dan Mandiri”.

Acara talk show yang diadakan pada hari Kamis, 11 November 2021 di ruang Aula SMKN 3 Pamekasan ini dihadiri oleh siswa siswi yang mulai merintis usaha, alumni, para wakil kepala sekolah, ketua program keahlian, ketua TEFA dan guru PKK. Adapun Nara sumber acara ini adalah Bapak Subaidi, seorang pengusaha, enterpreunuer sukses asal Bujur Tengah Pamekasan.

Setelah kegiatan talk show diharapkan para peserta memiliki soft skill untuk menjadi seorang enterprenuer sejati. Dengan kemampuan softskill yang mumpuni diharapkan dapat meningkatkan jiwa saing dari lulusan SMK. Seperti yang diungkapkan oleh Bpk. Miftahol, M.Pd bahwa dengan mengasah softskill melalui peningkatan jiwa enterpreuner diharapkan para lulusan SMKN 3 Pamekasan nantinya tidak hanya mengisi kebutuhan dunia industri, tapi juga siap menjadi enterprenuer tangguh. Sehingga lulusan SMK tidak hanya bisa bekerja, tapi juga bisa membuka lapangan pekerjaan baru.

Pada talk show kali ini bapak Subaidi selaku nara sumber menjelaskan tentang soft skill apa saja yang dibutuhkan untuk bisa menjadi seorang enterprenuer. Beliau juga berbagi cerita tentang pengalaman beliau, termasuk jatuh bangunnya sampai mengalami 47 kali kegagalan sampai akhirnya bisa menjadi enterprenuer seperti sekarang.

Sharing pengalaman dan tips tips yang diberikan oleh bapak Subaidi selaku nara sumber sangat mengispirasi peserta. Hal ini terlihat dari tanggapan dan pertanyaan peserta pada sesi tanya jawab. Hal ini sesuai dengan tujuan dari talk show sebagai mana diungkapkan oleh bapak Rustam Effendi, M.Pd selaku ketua panitia yang mengatakan bahwa: “Dengan menghadirkan bapak Subaidi diharapkan para peserta bisa terinspirasi dengan kisah perjuangannya dalam meraih kesuksesan. Dan akhirnya jiwa enterprenuer akan tumbuh dalam diri peserta.

The following two tabs change content below.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *